Minggu, 29 Januari 2012

Rumus Matematika Berhitung Cepat Perbandingan Skala

Permainan tebak-tebakan menjadikan belajar matematika lebih asyik. Paman APIQ juga membuat tebak-tebakan rumus matematika berhitung cepat perbandingan skala.
Anak-anak umumnya menghadapi tiga tahap kesulitan dalam menghitung perbandingan skala. Tetapi dengan cara tebak-tebakan intuitif dari Paman APIQ maka anak-anak kita akan dengan senang hati memahami konsep rumus cepat cepat perbandingan skala.
Berikut adalah tiga kesulitan utama yang sering dihadapi anak-anak.
Pertama, anak-anak sudah langsung kaget dengan besarnya bilangan yang dihitung. Misal skala 1 : 1.500.000. Bilangan 1.500.000 tersebut tidak begitu akrab bagi anak-anak.
Kedua, anak-anak harus menghitung konversi satuan. Biasanya satuan pada peta dalam cm sedangkan satuan pada jarak sebenarnya adalah km. Untungnya Paman APIQ sudah mengembangkan tabel konversi milenium yang memudahkan anak-anak.
Ketiga, anak-anak bingung untuk menghitung. Ia harus memakai rumus yang mana? Jika ia sudah memilih rumus yang tepat ternyata ia masih harus menghitung operasi bilangan yang ordenya jutaan.
Mari kita bantu anak-anak dengan permainan tebak-tebakan perbandingan skala dari Paman APIQ. Awalnya Paman APIQ memanfaatkan tebak-tebak ini bersama Algeometi. Tetapi karena hasilnya bagus untuk Algeometi maka mari kita coba untuk anak-anak kita.
Pertama Paman APIQ membuat peta pikiran (mind map) tentang konsep perbandingan skala. Peta pikiran ini membantu Algeometi memahami konsep dasar skala. Dari peta pikiran juga anak-anak secara mudah menelusuri konsep berpikir dari jarak pada peta menjadi jarak sebenarnya atau sebaliknya. Tentu saja peta pikiran begitu hebat. Karena peta pikiran memanfaatkan gambar-gambar yang bermakna 1000 kata (math pictorial).
Selanjutnya Paman APIQ membuat perbandingan skala yang lebih intuitif.
skala umum,
1 : 1.000.000
sama artinya dengan,
1 cm : 10 km.
Contoh soal:
Pada skala 1 : 1.000.000 tentuka jarak sebenarnya jika diketahui jarak pada peta:
a. 2 cm
b. 5 cm
c. 12 cm
Jawab:
Perhatikan perbandingan Paman APIQ,
1 cm : 10 km maka
a.
2 cm : 20 km
b.
5 cm : 50 km
c.
12 cm : 120 km
Selesai.
Contoh soal:
Pada perbandingan skala 1 : 1.500.000, jarak kota Al dan kota Geo sebenarnya 90 km maka jarak pada peta adalah … cm.
Jawab:
1 cm : 15 km
90 km ===> ? cm ===> 6 cm (Selesai).
Bagaimana menurut Anda?
Salam hangat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar